TIPS Female Solo Travelling ke Luar Negri

5 Nov

TIPS

Female Solo Travelling ke Luar Negri

 

IMG-20130514-00482

Di dalam MRT singapore

Teman, siapa sih yang tidak suka berlibur?

Travelling? backpacking ?

Siapa yang tidak senang jalan-jalan? ntah itu ke pantai, ke desa, ke gunung, city tour atau melakukan kegiatan outdoor yang bertujuan untuk refreshing alias menyenangkan diri sendiri.

Semua pasti pada suka. Bahkan selalu menanti-nantikan saat berlibur ini tiba.

Tetapi kalo saya bepergiannya sendiri gimana yah? Saya perempuan loh..

Tujuannya sih pengen uji nyali atau pengen menikmati saat-saat “me time” . Atau ada juga orang beralasan pengen pergi sendiri agar lebih personal saja menikmati hari-hari yang akan dilewati ketika berlibur. Atau ada juga yang beralasan ga pengen rempong dengan urusan berbeda pendapat ketika sedang travelling dengan partner saat melakukan perjalanan, jadi kyaknya lebih enakan jalan sendiri deh…..

 

  1. Rencanakan perjalanan dengan baik

Membaca buku catatan perjalanan maupun membaca informasi suatu negara yang akan kita kunjungi di internet dan blog sangat membantu kita untuk mengetahui negara tujuan yang ingin kita datangi.

Ini akan sangat membantu dalam memulai merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari.

Kenapa kita harus merencanakan perjalanan jauh-jauh hari? Ya karena kita amat sangat membutuhkan banyak informasi jika perjalanan yang akan kita lakukan itu kita rencanakan sendiri tanpa bantuan travel agent atau mengikuti tour. 

Kita harus mencatat secara detail dan sangat rinci  . Sampai saya garis bawahi. Ini untuk berjaga-jaga dari kondisi yang tidak kita inginkan terjadi. Dan kita bisa membuat rencana B jika rencana kita gak berjalan dengan baik.

 

Selanjutnya ketika kita sudah dapat memastikan negara yang akan kita tuju akan keluarlah biaya yang akan kita butuhkan dan kita bisa mulai menabung dan menyiapkan dana perjalanan tersebut.

 

Dari informasi yang kita catat, kita harus menemukan:

  • Bagaimana kondisi masyarakat dan lingkungan negara tsb
  • Obyek wisata apa saja yang ingin kita kunjungi
  • Bagaimana moda transportasinya / cara menggunakan layanan umum. Apakah moda transportasinya ramah terhadap wisatawan
  • Kita akan stay dimana di negara tsb. Bagaiamana cara menempuh perjalanan ke hotel/hostel yang akan kita tuju
  • Budget selama perjalanan, berapa pengeluaran yang akan kita habiskan
  • Mata uang yang berlaku
  • Makanan minuman yang dapat kita konsumsi, dicari juga informasi tempat makanan halal bagi yang muslim
  • Keamanan negara yang akan kita tuju
  • Perlu juga dicatat tips dari pejalana lain yang sudah mengunjungi negara tsb
  • dan beberapa hal lain yang kita rasa penting untuk kita ketahui

 

2.Memilih negara yang akan dituju

100_1964

Singapore salah satu negara yang paling mudah untuk dijelajah dan ramah terhadap wisatawan. (foto: dokumen pribadi)

 

Sebaiknya untuk yang baru pertama kali ke luar negeri apalagi untuk yang pertama kalinya solo travelling pilihlah negara yang terdekat dengan tempat kita tinggal. Kalau kita hidup di Indonesia berarti Negara yang kita tuju sebaiknya negara tetangga kita di Asia Tenggara . Pilihlah negara yang moda transportasinya tidak menyulitkan dan mudah untuk diikuti.

Kalo saran saya sih, pilihannya singapore.

Negara tetangga Indonesia ini sangat mudah dijangkau dan tidak begitu jauh. Untuk menuju kesana juga sudah banyak maskapai yang bisa digunakan. Selain itu tiket ke Singapore juga tidak mahal. Yang paling penting adalah untuk masuk ke Singapore tidak dibutuhkan Visa. Kita cukup membawa pasport saja.

Soal Transportasi, dan jangkauan menuju obyek wisata, Kota Negara Singapore ini juga amat mudah untuk dijelajah.

Ini hanya salah satu contoh saja. Bisa juga memilih Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan lain lain.

 

3.Pesan tiket perjalanan

562153_3005374028431_580411787_n

Saya dengan background pesawat di salah satu markas besar maskapai Low cost carrier, Air Asia di Malaysia.

Memesan tiket perjalanan dapat kita lakukan sendiri. Dan jauh lebih menguntungkan bagi solo traveller karena dapat merencanakan rute perjalanan dan mencari harga tiket termurah.

Dan saya akan memberikan sebuah informasi mengenai tiket murah.

Tentu saja jika kita memahami dengan istilah maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) kita akan bersenang hati. Mengapa? ya karena mereka sering memberikan harga promo untuk penjualan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sangat menguntungkan. Kita bisa membeli tiket promo ini untuk keberangkatan jauh-jauh hari dan bisa menabung untuk perjalanan kita nanti.

Cari informasi mengenai maskapai berbiaya murah ini di internet, dan anda akan takjub bahwa saya pernah mendapat harga tiket Rp 300.000 saja untuk perjalanan surabaya-Kuala Lumpur pulang pergi. atau Kuala Lumpur-singapore hanya Rp 100.000 untuk sekali jalan. Pernah juga mendapat tiket untuk rute domestik, Surabaya-Bali hanya Rp 10.000 pulang pergi. Iya, anda tidak salah baca. Rp 10.000 untuk pulang pergi. Begitu juga untuk Surabaya-Bandung Rp 10.000 pulang pergi.

 

4.Dokumen Perjalanan

– ID Card

Siapkan KTP/ identitas diri kita.

– Tiket

Print tiket yang dibutuhkan , tetapi ini sekarang sudah bisa di back up di smart phone. Tinggal menunjukan salinan yang sudah kita simpan. Terkadang ada beberapa negara yang meminta harus kita tunjukan tiket pergi-pulang kita ini.

Ada maskapai yang sebelum terbang diharuskan untuk check in secara online terlebih dahulu. Sebaiknya itu sudah kita lakukan sebelum berangkat. check in kan seluruh tiket pergi-pulang kita.

Jika ingin memesan tambahan bagasi ataupun makanan sebaiknya dilakukan secara online. Beberapa maskapai memiliki diskon yang lumayan bisa kita nikmati jika kita memesannya jauh-jauh hari.

– Pasport

Ini nyawanya kita. Identitas kita bisa masuk-keluar ke negara lain. Jaga dengan baik . Jangan samapi hilang atau dicuri. siapkan copy-an nya.. simpan di tempat yang lain untuk berjaga-jaga. Bisa juga di copy di email kita.

– Visa

Pastikan negara yang kita tuju harus bisa kita masuki dengan visa atau tidak. Ntah itu bisa dengan visa on arrival (VOA) atau pun visa yang harus kita urus di konsulat negara tersebut. Penuhi semua persyaratan untuk dapat masuk ke suatu negara.

Jangan sampai kita konyol harus pulang balik kucing karena tidak dapat masuk ke suatu negara perihal tidak adanya visa ini.

 

  1. Mata uang negara yang akan dituju
Mata uang negara yang akan dituju

Mata uang negara yang akan dituju

 

Persiapkan mata uang asing kita dalam bentuk Dollar US ($) mengapa?

Yah, karna harga $ sangat lebih stabil dan dapat diterima di negara manapun.

Untuk meng-konversikan ke mata uang negara yang kita tuju, kita harus mencari informasi terlebih dahulu apakah negara tersebut dapat menggunakan $ atau tidak. Jika iya. sebaiknya kita tidak perlu banyak-banyak menukar mata uang asal negara tersebut banyak-banyak. karna nanti akan sayang jika tidak terpakai.

Tukarkan secukupnya, untuk membeli makanan sekedarnya atau untuk menggunakan transportasi umum.

Selanjutnya kita bisa menyesuaikan ketika kita telah tiba di Negara tersebut. Pegang dahulu uang dolar US di tangan selanjutnya gampang…🙂

 

6.Check list perlengkapan

– Travel kit dan perlengkapan pribadi

Ingat-ingat untuk perjalanan internasional, melewati check imigrasi untuk menunggu boarding. Semua cairan diatas 100 ml harus disita. Karena tidak diperbolehkan ada di ruang dalam pesawat/kabin pesawat. Jadi yang membawa minuman atau cairan kosmetik ntah itu sabun, shampo, cream muka, handbody lotion, parfum dll sebaiknya di tuangkan di botol/wadah travel kit yang berukuran maks 100ml.

– Bawa Botol minuman

Percaya tidak percaya membawa botol minuman akan lebih menghemat pengeluaran untuk konsumsi. Karena di luar negri sudah tersebar kran air minum yang siap untuk diminum dan dijamin airnya bersih bukan air sumur he he he he…

Bahkan ketika kita masih di airport kedatangan maka akan kita jumpai kran air gratis ini. silahkan diambil dan masukan ke dalam botol/thumbler yang sudah kita bawa dari rumah.

kran gratis ini sangat bermanfaat meringankan pengeluaran, Jadi mending kita manfaatkan saja air gratis  itu. Karena asal teman-teman ketahui bahwa harga mineral water atau air minum itu mahal loh di negara lain. Dan pengeluaran kita paling banyak itu adalah air minum.Bisa dibayangkan kita itu travelling dengan kondisi muter-muter pakai kaki, atau pun ke berbagai tempat pasti sangat take energi banget dan capek dannn pasti butuh minum banyak.

 

Ini adalah kran air minum di Changi airport singapore.

Ini adalah kran air minum di Changi airport singapore.

Hitung deh berapa kamu bisa menghemat dari adanya botol  minuman yang kamu bawa dari rumah ini

ehh tapi ketika akan masuk ke pesawat untuk take off, airnya jangan diisi ya. Bawa saja botol minuman kosong. karna kan syarat nya tidak boleh ada cairan di atas 100 ml untuk pernerbangan internasional.

– Obat-obatan

Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi. Bagi saya, minyak kayu putih, tolak angin dan koyo adalah 3 sahabat yang tidak pernah lupa saya bawa. Kebayangkan capek banget menggendong ransel, koyo berguna untuk pegel-pegel, untuk nutupin puser supaya gak masuk angin juga bisa. apalagi saya suka nginep di airport.

Minyak kayu putih untuk perut kembung beserta tolak angin untuk menghindari masuk angin akibat keletihan berjalan-jalan atau telat makan.

Obat-obatan anti nyeri atau jika ada yang sakit magh / asam lambung juga perlu dibawa. Antipasi jika keadaan darurat kita sakit. Mencari obat yang biasa kita konsumsi di negara orang bisa bingung kita nyarinya dimana.

– Hal lain-lain

Perlengkapan lain yang sekiranya penting. Kresek/kantong untuk pakaian kotor atau untuk hal lain jika diperlukan. payung kecil/jas hujan jika dibutuhkan, daripada harus beli dinegara tujuan. Ntar sakit hati lagi melihat harga payung yang mahal, tapi ya butuh. Jadi mending bawa saja dari rumah, ntar klo musim hujan jadi gak bisa kemana-mana.

hanger atau gantungan baju

hanger atau gantungan baju

 

  1. Buku/note yang berisi catatan perencanaan

Terakhir jangan lupa membawa seluruh rangkuman catatan rencana perjalanan / ittenarary yang telah kita tulis di sebuah buku/ note.

Berbagai buku travelling yang menceritakan perjalanan secara detail

Berbagai buku travelling yang menceritakan perjalanan secara detail

Di dalam buku catatan tersebut hendaknya kita menulis:

  •  Ittenarary/ rencana perjalanan secara detail
  • Kode booking pesawat yang akan kita gunakan beserta tanggal dan jam secara rinci. Mana tau semua yang kita simpan di smartphone hilang mendadak.Namanya teknologi masih mungkin terjadi error.  Kita masih punya catatan tertulis
  • Alamat dan no telp KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia ) yang ada di negara tujuan perjalanan
  • Menuliskan ancer-ancer perjalanan menuju KBRI tsb beserta alur perjalanan menggunakan moda transportasi negara tsb
  • Beberapa hotel/hostel/guest house beserta alamat dan no telp yang ingin kita tuju beserta ancer-ancer dan bagaimana transportasi menuju tempat-tempat tersebut dengan sangat rinci. Yang sebelumnya informasi alamat dan lokasi sudah kita searching dan browsing di mbah google maupun sudah kita dapatkan dari sumber yang terpercaya
  • Jika kita akan menggunakan transportasi negara tersebut dengan menggunakan moda trasnsportasi dan supir , kita mencatat nama dan no telp/hp driver tersebut. Pencatatan sebaiknya tidak hanya di save di hp tetapi kita tuliskan. mana tahu di tengah perjalanan ada sesuatu yang error di smartphone kita. Dan kita masih punya catatan secara tulisan
  • Menuliskan ancer-ancer secara detail tujuan wisata/perjalanan kita. Harus menaiki moda transportasi apa saja untuk mencapai tujuan, berapa jumlah biaya yang secara umum diinformasikan untuk mencapai tempat tersebut, Sehingga ketika sampai di tempat/ ketika pesawat sudah mendarat kita gak ngeblank / sesaat menjadi bingung dan disorientasi karna baru tiba ditempat yang baru dengan bahasa yang berbeda dengan asal kita.
  • Coretan budget perjalanan . Ini penting untuk menjaga keharmonisan pengeluaran kita selama perjalanan ha ha ha ha…
  • Terakhir , jepretkan/tempel di buku catatan kita, fotocopy pasport/visa dan id. Mana tahu di tengah jalan dompet kita kecopetan sehingga kita masih punya copy. Bisa juga kita scan dan simpan di email kita.

 

8.Gaya berbusana dan cara berpakaian

Berpakaian itu cerminan diri kita. Sebaiknya kita berpakaian menyesuaikan dengan tempat dan lingkungan kita berada. Mungkin bagi sebagian orang ini masalah kecil dan sering disepelekan. Jangan sampe kita jadi melecehkan suatu tempat karna gaya berbusana kita yang tidak tepat. Ini benar loh,  dari banyak sahabat yang bertanya kepada saya mengenai tips backpacking atau pun solo travelling saya selalu menyarankan agar mereka berpakaian sopan sehingga tidak mengundang orang lain berbuat jahat. Ini adalah salah satu cara kita yang paling pertama dalam menjaga diri kita dari perbuatan jahat orang lain. kalian tentu paham yaaa maksud saya.

 

  1. Berdoa dan selalu percaya Tuhan selalu melindungi kita. 

Berdoa itu adalah kekuatan terbesar kita untuk berani. Kedua. pada Prinsipnya asal kita berbuat baik dan sopan kepada orang lain. Begitu juga orang lain akan memperlakukan kita. Percaya saja, masih banyak orang baik di luar sana yang akan membantu kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: