Sisi Lain Pesona Keberadaan Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

1 Mar

sri baduga

12718242_10204584318202976_1904428445716235125_n

Maap gambarnya gelap. dan gak bisa maksimal menampilkan keindahan air mancurnya

 

 

Hanya bisa terdiam dan terharu. Saya tidak berlebihan. Karena ini lebih bagus dari pertunjukan di Singapore. Dan ini kita yang punya, INDONESIA. Ini di klaim sebagai yang terbesar di Asia tenggara.

Suara musik mengalun dengan indahnya. Didukung audio yang bagus. Baik lah menurut saya. Aransemen musiknya bagus… Lagu tradisional Sunda dengan aransemen musik yang indah. Duhh makin merinding saya. Bangga saya menjadi bagian dari anak bangsa yang bisa menciptakan karya hebat begini. Meskipun bukan saya yang bikin he he he he…..

Saya merasa beruntung bisa menikmati pertunjukan air mancur menari ini pada 27 februari 2016.  Pertunjukan yang hanya berlangsung seminggu sekali, setiap hari sabtu malam saja. Pukul 19.30 sekitar 20 menitan. Hujan yang turun gak menyurutkan antusias masyarakat menyaksikan pertunjukan ini. sekeliling danau penuh dengan lautan manusia yang berdesakan.

Taman air mancur  Sri Baduga Terletak di tengah pusat kota Purwakarta. Terletak di sebuah danau alami yang memang sedari dulu sudah ada bernama Situ buleud karena emang berbentuk bulat.

Dan sekali lagi saya amat beruntung kemarin secara tidak sengaja bertemu dengan orang asli purwakarta. Dari beliau saya mencoba bertanya tanya tentang keberadaan danau dan tempat ini. Jujur memang awalnya saya sama sekali tidak mempunyai informasi apapun tentang keberadaan kota purwakarta ini bersama pertunjukan air mancur yang sangat kekinian tersebut. Saya malah tidak tahu kalau kota ini dapat ditempuh hanya dalam waktu sejam saja dari kota Bandung. Saya tahunya Purwokerto yang dekat dengan kota cilacap. Dan saya memang beberapa kali pernah ke purwokerto karena saya mempunyai tante yang tinggal di cilacap. Berbeda huruf di O dan A, Purwokerto dan Purwakarta. Satunya Jawa Tengah dan satunya terletak di Jawa Barat. Dan parahnya lagi beberapa kali ke Bandung tetapi tidak ada rencana apapun untuk ke Purwakarta. Nah, berarti pak Bupati Purwakarta sukses menarik wisatawan unutk berkunjung ke kotanya sekaligus bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya. T-O-P B-G-T untuk pemerintahannya.

 

Dari hasil obrolan dengan bapak Dadan yang asli Purwakarta. Beliau bercerita bahwa dulu ya situ buleud ini terbentuk dari air alami dan merupakan pertemuan dari aliran sungai. Saya sampai bertanya,

“masa’ ada alirannya pak?, kok gak keliatan ya” .

Tapi memang posisi saya ketika sampai ke tempat ini sudah malam, gelap dan hujan. Dan pastilah gak akan bisa mengamati dengan seksama jika dalam kondisi seperti itu.  Dan memang niatnya ke Purwakarta hanya mau melihat pertunjukan air mancur saja. Makanya malam sampai disini dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung. Disesuaikan waktunya untuk bisa melihat keindahan petunjukan ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandung.

Pak Dadan bercerita,

“Dulu tempat ini dikeliling hutan. Pepohonan besar. Situ Buleud ini dipakai masyarakat sebagi tempat mandi badak.

“Hah badak?”

“Kok bukan sapi atau kerbau ya?” celetuk saya.

Iya bener hewan yang bernama badak. lokasinya jangan dibayangkan seperti ini. Benar benar hutan besar.

Ternyata yang lebih amazing lagi, tak jauh dari Situ buleud sekitar 5 km ada aliran sungai, yang dulu itu sungai besar. Tempat bersembunyinya bajak kaut dari Sumatera Selatan. Wuiihhhh… Temuan yang wow. Kok bisa ya? Kan sumatera sama purwakarta jauh ya? Tapi yah begitulah cerita jaman dahulunya. Ini beneran saya dapatkan semua infonya dari orang asli Purwakarta. Dan Pak dadan bukan sembarangan orang ketika bercerita ini kepada saya.

Karena keindahan danau ini di depannya di bangunlah keresidenan waktu jaman Belanda. Dan sampai sekarang kita masih bisa melihat bangunan indah itu.

Di jaman sekarang di tengah danau dibangun sebuah patung dan dikelilingi hewan seperti harimau. Karna malam saya tidak begitu kelihatan. Iya benar itu harimau. Yang seolah olah menjaga tempat ini. Harimau yang selalu identik dengan tokoh Prabu Siliwangi dan ndak bisa dilepaskan dari cerita tanah Pasundan.

Saya pun menjadi semakin Kepo donk, saya bertanya lagi dengan pak dadan.

“Pak, itu patung siapa yang di tengah danau?”

“Itu di ilustrasikan sebagai anak prabu siliwangi yang paling bungsu”

“Prabu Kian Santang”.

Beliau adalah salah satu penyebar agama islam di tanah Pasundan. Yang meminta ayahnya Prabu Siliwangi untuk memeluk agama islam. Sebelumnya, menurut cerita rakyat yang tersebar dari mulut kemulut. Beliau pernah sampai di Tanah arab dengan gaib dan bertemu dengan orang yang dimuliakan, belajar agama islam dan akhirnya memeluk agama islam. Kembali ke tanah Jawa untuk mengajak saudara dan ayahnya untuk memeluk agama islam.

Begitulah cerita dari patung yang terletak di tengah danau . Prabu Kian Santang atau Raden Sangara atau Syeh Sunan Rohmat Suci yang merupakan putra Prabu siliwangi atau Sri Baduga Maharaja.

Dan sampai sekarang Situ Buleud tetap mempesona siapa saja yang mengunjunginya.

Ayukkkk kita mengunjungi #PurwakartaIstimewa

Untuk membaca tentang Taman Air Mancur Sri Baduga lainnya bisa klik tautan ini: Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Catatan:

Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan keterbatasan informasi penulis. Penulis menulis tulisan berdasarkan dari cerita yang diceritakan penduduk asli Purwakarta.

 

 

 

 

 

 

3 Responses to “Sisi Lain Pesona Keberadaan Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta”

  1. Rinda Sukma March 2, 2016 at 1:21 pm #

    Baru kali ini aku dengar manusia memelihara badak. Dan nurut dimandikan..

    Juga baru tahu kalau Purwakarta cuma sejam dari Bandung. Di Bandara Juanda juga ada air mancur menari tapi ya nggak bisa dibandingkan dengan ini..

    • ekkairianto March 4, 2016 at 3:30 am #

      aku juga bingung badak itu diapain yaaa.. ini cerita dari mulut ke mulut

Trackbacks/Pingbacks

  1. Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta | ekkairianto - March 7, 2016

    […] patung dan sejarah danau situ buleud dan sisi lainnya saya tuliskan disini yaaaaa…… Sisi Lain Pesona Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta wajib di klik dan dibaca biar ndak penasaran he he he […]

Leave a Reply

