MEA, sertifikasi dan apa lah itu…. *NdakPahamSaya*

7 Jan

Negara-Anggota-ASEAN

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah hadir ditengah – tengah kita dengan segala ketidaktahuan kita. Iya. Karna sebenernya dia sudah ada di tengah tengah kita tanpa kita sadari. Simple-nya adalah keberadaan tenaga kerja asing dan arus keluar masuk barang dari luar negeri yang begitu mudahnya dan semakin banyak jumlahnya. 

Pertama denger tentang MEA udah lamaaaa banget. Cuma di save doank di kepala. Denger-denger yah, konsep tentang MEA ini sudah ada sejak satu dekade yang lalu.

Sempet terlintas, ohhh….oke. Kalau udah diberlakukan MEA berarti ntar kita mudah banget nemuin barang-barang produksi luar negeri beredar di sekitar kita. Dan jangan heran nanti kalo kita sakit yang jadi dokter dan perawatnya bukan orang Indonesia, dan kemungkinan besar bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

Kita pun begitu, begitu mudahnya menjual barang-barang kita atau berdagang dengan negara Asean yang lain.Karena pasar menjadi bebas.

Itu sih simpel nya MEA seperti itu. he he he he…..

Oiya ngomong-ngomong, masih pada inget gak negara-negara yang tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asian Nations ) itu negara mana saja? Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dan yang bergabung dengan ASEAN adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam, Kamboja. Laos, Myanmar, Filipina.

Jadi kita yang di tergabung dalam ASEAN ini membuat suatu bentuk kerjasama. Kalo menurut wikipedia, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 atau dalam bahasa lainnya ASEAN Economic Community (AEC)) adalah sebuah integrasi ekonomi asean dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara-negara ASEAN. Seluruh negara anggota Asean telah menyepakati perjanjian ini. MEA dirancang untuk mewujudkan Wawasan Asean 2020.

Pertanyaan selanjutnya adalah, terus kalau udah ada MEA, terus kenapa?

Oke, baiklah. Saya akan menjawab dengan bahasa dan analogi yang sangat sederhana. Jika MEA yang sudah mulai diberlakukan per 31 Desember 2015 kita yang tinggal di Indonesia, yang mencari makan dan hidup di Indonesia. Harus bersiap siap bersaing dengan Bangsa dari negara lain dalam mencari nafkah?

Iya. Kenapa? ya karena mereka juga boleh dengan leluasa mencari nafkah di negara kita. Karena itu kita dituntut untuk lebih kreatif, lebih inovatif, lebih smart melihat peluang peluang yang ada dan kita harus berlari lebih kencang. Karena itu sekarang, sertifikasi tau tes uji kompetensi menajdi pembicaraan hangat. Sesuatu yang harus kita punya untuk menghadapi persaingan di era MEA ini.

Takut?

Antara iya dan tidak. Tapi bagi yang bisa melihat peluang ini bener-bener kesempatan yang WoW. Bayangkan, barang kita bisa lebih mendunia dengan mudahnya. Beredar dimana-mana. Dan kita juga bisa bebas melihat peluang di negara lain / pencaharian yang bisa kita dapatkan. Bagi yang pintar, dengan adanya MEA berarti bisa menambah pundi pundi uang kita.

Dan lagi,

Otomatis pasar kita semakin luas, kemungkinan orang yang membeli produk/jasa kita akan lebih luas. Bayangkan. Kalau tadinya kemungkinan yang menjadi pembeli kita cuma 250 juta penduduk yang ada di Indonesia, sekarang potensi pasar yang ada yaitu 622 juta orang atau 9,5 persen dari jumlah penduduk dunia. menurut data yang saya kutip di harian cetak Kompas, sabtu 2 Januari 2016, total nilai perdagangan intra-ASEAN sebesar 1,5 Triliun dollar AS per tahun dan produk domestik bruto (PDB) ASEAN 2,6 Triliun dollar AS per tahun.

Duhhhh, ribet banget ya bahasa ekonomi dan angka-angka nya, udah jangan dipikirin itunya deh. pokoknya siapon diri aja. Ayukk kita ucapkan selamat datang MEA, sahabat baru kita. Seharusnya kita hadapi meriahnya MEa seperti kita menghadapi meriahnya tahun baru 2016 ya. supaya semua orang tahu dan kenal dengan MEA.

Selamat datang MEA.

catatan kaki:

Postingan tulisan ini terinspirasi oleh banyaknya yang tidak tahu tentang MEA. dan kebetulan pada akhir Desember lalu saya berkesempatan untuk mengikuti uji kompetensi sertifikasi gratis yang saya dapatkan dalam rangka menyambut MEA ini.

Alhamdulillahh yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: