Mari yuk mariii kita packing….

15 Aug

Hmmm… kebetulan kali ini saya mau sharing isi ransel saya, pas kebetulan juga saya lagi packing ni. Beberapa hari lagi saya akan menjelajah kamboja dan vietnam tapi enggak lama cuma 9 hari. Ini saya mau cerita-cerita gimana saya memasukan barang-barang di dalam ransel saya. Yang mau nambahin silahkan yaa.. yang mau membetulkan dan ngasi tips lain yang lebih bermanfaat monggo jugaa.. feel free ajahhh yaaa…

Nensy Noviya

1. Tas Untuk menyimpan barang

534313_3005397789025_200039046_n

Aku nyebutnya untuk nyimpen barang dan membawa barang kita selama perjalanan. Aku juga tidak mengharuskan kalian untuk menggunakan ransel selama perjalanan. Atau meng-ekslusive-kan diri, cieee bahasanya ekslusive euyy!! maksud saya eh lo kalo ga pake ransel ga bisa disebut backpacker ya???  haduh ga ada tu peng-garis-bawah-an bahwa lo harus pake ransel.titik. nah yang begini ini ga ada banget. Karna bacpacking itu adalah seni berjalan secara mandiri. Sepertinya udah pernah saya ceritakan di postingan saya sebelom ini ya. monggo di cek ricek dan di kepo in blog saya ini untuk cari maksud pejalan mandiri / BACKPACKER itu apa.

Dan yang paling terpenting adalah kamu nyaman dengan tas yang kamu gunakan. Jika kamu nyaman dengan ransel silahkan digunakan, begitupun jika kamu lebih nyaman dengan koper atau tas model lainnya silahkan juga digunakan.

Tapi ada satu hal ni kelebihan ransel. sangat fleksibel.Untuk diangkut kemana-mana apalagi jika kita menggunakan publik transportasi seperti kereta/monorail/MRT/BTS atau apapun sebutannya dan jika harus naik turun tangga menuju stasiun kereta/bis/publik transportasi itu. Kebayang kan kalo harus pergi lebih dari satu negara/satu kota harus naik turun tangga membawa koper. Dan keuntungan membawa ransel adalah tidak harus dimasukin bagasi bawah pesawat deh.  Menggunakan ransel juga diuntungkan untuk dapat membawa tas masuk ke dalam kabin pesawat dengan berat  yang masi sesuai dengan ketentuan dari maskapai.

Ehh Tappiiiii pake ransel itu juga harus punya persiapan batin eh persiapan fisik dan koyo tempel (becanda ding!!!). Hmm pasti pada nanya deh. Untuk apa koyo tempel. Iya koyo tempel untuk pegel-pegel akibat menggendong ransel he he he he heee….

2. Menyusun baju di dalam tas

gulungan baju

gulungan baju

Salah satu tips menyusun baju di ransel adalah baju di gulung-2. ini akan sangatttt menghemat tempat banget. Baiklah, tips yang akan saya bagi adalah, menggulung baju, celana, kaos dan mengikatnya dengan karet. Ini akan membuat isi tas kita ramping  dan dapat mengurangi kusut pada kaos atau baju yang kita bawa. Menggulung bawaan ini juga dapat memberi banyak sisa volume dalam tas.

Untuk handuk, untuk menghemat tempat dan berat tas bawaan, pakailah pengganti handuk dengan kain yang berbahan ringan dan dapat menyerap air jika diperas, seperti kanebo. Tapi ya bukan kanebo, ada kok handuk dengan model seperti itu yang bahannya dari polyester. Kalo ke toko perlengkapan travelling tanya aja handuk yang saya maksud….

3. Mengkelompokan barang dengan kresek dan diberi plastik vacum

contoh-vacuum-bag

Bagi yang menggunakan ransel. Seperti yang kita ketahui. ransel kan tidak mempunyai banyak kantong /sekat. Jadi kayak karung gitu barang langsung cemplang cemplung masuk. Kebayang donk harus ngebongkar barang untuk mencari yang kita butuhkan. disini saya akan berbagi tips dengan menggunakan barang sederhana yang bernama plastik kresek. Hmmmm pilih kresek yang bersih dan yang masi baru ya, jangan sampe yang digunakan yang bekas sayur dan ikan huekkkkk alhasil baju dan semua bawaan kita akan bau amis bin gak enak. he he he he ..

Oke dilanjut, jadi sebaiknya kita mengklasifikasikan barang-barang ini dengan satu kresek isinya pakaian dalam, satu kresek isinya handuk jadi setelah handuk dipakai tidak membau-i yang lain, satu kresek perlengkapan mandi, satu kresek isinya jilbab, satu kresek isinya baju atasan, satu kresek isinya pakaian bawah dan lain-lain. Ini tidak saklek kalo cuma sedikit bagian baju bisa digabung jadi satu tidak masalah. Menyesuaikan saja yang terpenting adalah itu memudahkan kalian dalam mencari barang. Nah teman-teman udah kebayang kan fungsinya kresek untuk apa.

Tidak harus kresek loh, jika punya kantong tipis ber-resliting untuk menjadi wadah atau tempat menyimpan barang-barang yang telah dikelompokan ya bisa juga digunakan. Pokoke tujuannya sama, waktu mau mengambil barang ga bikin kita membongkar semua barang.

selain itu kalo mau lebih menghemat tempat di dalam tas. Ada satu benda ajaib lagi yang bernama vacum plastik. Jadi ini kantong yang bisa mengempeskan barang yang ada di dalamnya. jadi baju kita yang mengembang itu bisa jadi tipis. Plastik vacum bisa dibeli di toko-toko perlengkapan travelling.

4. Tempat kecil- botol-botol kecil – alias travel kit

Selain pakaian, perlengkapan pribadi dan perlengkapan mandi. Belilah travel kit berupa botol-botol tidak lebih 100 ml agar dapat di bawa di kabin pesawat dan lebih praktis untuk dibawa bepergian. Oia, kalo harus keluar negeri ada syarat bahwa cairan yang kita bawa tidak boleh melebihi 100 ml. Kalo gak ya wassalam, barang kita akan disita di imigrasi. Itu untuk barang yang dibawa di kabin dalam pesawat. Kalo ditaruh di bagasi bawah pesawat ya gak masalah mau bawa ber mili milimeter juga gpp…

Tapi kalo saya sih , lebih praktis kalo membawa perlengkapan mandi atau perlengkapan tubuh dnegna ukuran mini. mbawanya juga ga berat he he he hemat tempat lagi…

Pindahkan sabun cair, shampo,kream muka, hand body lotion maupun perawatan muka dan tubuh lainnya. Jikalau bisa, saran saya untuk shampo belilah yang model sachet akan sangat praktis.

Travel kit berupa botol-botol kecil yang ada di gambar bawah saya ini sangat enak digunakan. Bisa sampai tetes terakhir klo di tekan. Kadang kan kalo di botol gitu kalo tinggal sedikit ngeluarin cairannya susah. Ini mudah dipencet. Terbuat dari bahan silicon.

Botol-botol kecil

Botol-botol kecil

5. Gantungan baju

hanger atau gantungan baju

hanger atau gantungan baju

Untuk perjalanan seminggu lebih.Hanger sangat bermanfaat utk menjemur “itu”. Si bagian dalam-dalam he he he he… minimal bisa menghemat tempat di ransel dan bagasi tentunya. Karena  tidak perlu membawa banyak pakaian dalam. Dan bisa dijemur di pinggiran tempat tidur, dibawah ac di kamar atau di gantung di kamar mandi atau di depan kipas angin atau bisa juga diangin-anginkan di jendela. Untuk bagian dalam cari lah bahan  yang mudah kering #tips #backpacking #packing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: