Tips menyiapkan barang bawaan untuk bepergian a la backpacker

22 Jun

Begitu banyak pertanyaan setiap saya pulang kembali backpacking melihat bumi yang luas ini alias traveling. Dan begitu banyak pertanyaaan yang ditujukan kepada saya mengenai bagaimana saya bisa bepergian dengan tidak membutuhkan begitu banyak uang. Ehmmmm.… mungkin ini yang selalu membuat banyak pertanyaan muncul. “kok bisa sih…” , atau ada juga yang mengkomentari saya seperti ini “ahh yang benar?? lha pake travel agent aja butuh biaya sekian xxxxx…” , ” masa’ sih? kakak saya baru pulang dari vietnam kemarin loh, untuk makan aja habis sekian xxxxx  “. Kadang mendengar berbagai macam komentar mereka selalu saja bikin saya tersenyum geli. Ehhhh tapi saya gak pelit berbagi rahasia loh . Saya selalu berbaik hati berbagi tips. kali ini yang saya bagi adalah tips menyiapkan barang bawaan untuk bepergian a la backpacker.

Saya itu selalu saja ngiler dan kepengennn banget punya tas bagus dan berkualitas. Mengapa? karena tas yang nyaman itu sangat mendukung perjalanan saya. Apalagi saya ini backpacker yang jarang membeli bagasi dari pesawat low cost carrier/ low cost budget.Yang artinya saya membawa kemana-mana tas saya dan saya taruh di kabin pesawat. Seperti yang teman-teman ketahui, pesawat low cost ini adalah teman setia saya bepergian kemanapun. Saya selalu setia menanti promo dengan harga tiket yang super murah dan rela membeli tiket pada jauh-jauh hari bahkan sampai setahun sebelum keberangkatan saya.

Karena kepengen punya tas yang nyaman, setiap ke mall saya selalu suka cuci mata, lihat-lihat dan mengunjungi store yang menjual perlengkapan traveling, yahh… seperti yang teman-teman ketahui saya ini penggila traveling. Salah satu store itu adalah ace hardware , selalu saya nantikan promo yang sering di sharing di Facebook ACE Indonesia, Twitter @ACEIndonesia, dan website www.acehardware.co.id . Setelah kita telah memutuskan mau menggunakan ransel atau pun koper bagi perjalanan yang akan dijalankan, maka itu sudah benar-benar kita pikirkan apakah itu dapat membuat diri kita nyaman karena  bagi saya seorang backpacker itu tidak melulu harus menggunakan ransel. Karena pengertian backpacking itu sendiri adalah orang yang melakukan perjalanan secara mandiri. Dia mengatur perjalanannya sendiri, ke arah mana tujuan, berapa budget yang direncanakan, bagaimana penginapan atau akomodasi di tempat yang dituju dan apa-apa saja yang ingin ia nikmati di tempat yang dituju. Dan kesemuanya dia atur sendiri sebelum berangkat traveling.  Packing dalam tas juga amat sangat penting kita perhatikan karena ini manyangkut berat ransel/koper yang bawa. Mengapa? Ya karena saya hanya membawa tas yang dapat di taruh di kabin pesawat. Ini sangat menghemat pengeluaran, dengan tidak memasukkan item pembelian bagasi pesawat. Karena itu harus sangat pintar menyusun barang bawaan dan apa yang  dibawa  dengan aturan tiap maskapai berbeda , tetapi biasanya syarat berat bawaan yang diperbolehkan adalah 7 sampai 10 kg.

Tips yang akan saya bagi adalah, menggulung baju, celana, kaos dan mengikatnya dengan karet. Ini akan membuat isi tas kita ramping dan dapat mengurangi kusut pada kaos atau baju yang kita bawa. Menggulung bawaan ini juga dapat memberi banyak sisa volume dalam tas. Selain itu saya juga menggunakan plastik vacum, yang bisa menyedot udara dan membuat kempes baju yang kita masukan ke dalam plastik vacum ber resliting ini. Banyak yang bertanya kepada saya, bisa dibeli dimana kantong plastik vacum ini? Jangan kuatir, bisa dicari dan didapatkan di ace hardware.

Selain pakaian, perlengkapan pribadi dan perlengkapan mandi. Belilah travel kit berupa botol-botol tidak lebih 100 ml agar dapat di bawa di kabin pesawat dan lebih praktis untuk dibawa bepergian. Pindahkan sabun cair, shampo,kream muka, hand body lotion maupun perawatan muka dan tubuh lainnya. Jikalau bisa, saran saya untuk shampo belilah yang model sachet akan sangat praktis Untuk handuk, ini hanya saran teman saya, tapi saya masih belum bisa menuruti saran beliau. Dia pernah mengatakan kepada saya untuk menghemat tempat dan berat tas bawaan, pakailah pengganti handuk dengan kain yang berbahan ringan dan dapat menyerap air jika diperas, seperti kanebo. Bisa ditemukan di toko ace hardware atau perlengkapan traveling. 

Kemudian untuk tas yang akan di gunakan, saya biasanya menggunakan tas ransel day pack untuk memuat barang kebutuhan sehari-hari dan satu tas lagi untuk memuat barang lainnya yang lebih besar. Banyak pilihan bentuk yang membuat kita nyaman bisa di pilih di store yang banyak menjual tas sejenis, setahu saya di ace hardware banyak pilihan. Pilihan lain sempatkan membeli thumbler,tempat makan, dan payung sebelum bepergian. Selain kebutuhan sehari-hari, saya juga pasti membawa thumbler atau botol tempat menyimpan air minum. yang pasti yang free BPA  yah, aman untuk digunakan. Tempat minum ini sangat membantu saya menghemat pengeluaran dalam pembelian air minum, karena di beberapa negara yang saya kunjungi menyediakan tempat untuk mendapatkan air minum gratis. Selain itu, saya juga membawa tempat makanan yang bertutup baik, tidak mudah terbuka dan aman. Apa fungsinya? ya ini dapat digunakan untuk membawa sebagian makanan yang saya beli. Makanan yang dijual biasa dengan porsi yang sangat banyak. sangat menghemat bukan?

Apa ada yang masih ingat dengan kalimat, bawalah payung sebelum hujan. Ini benda penting, karena payung tidak hanya melindungi kita disaat hujan tetapi juga serangan panas terik matahari. Kondisi daerah tempat yang kita kunjungi sering kali tidak menentu. Bawa saja payung, selipkan dia di pinggiran tas kita. Pilih payung lipat yang tidak memakan tempat di dalam tas. Daripada keadaan cuaca membuat kita bete di jalanan dan kita tidak bisa menikmati perjalanan. Atau saat harus tiba-tiba hujan jadi terpaksa harus menggunakan taxi,  padahal bisa kita tempuh dengan jalan dan memakai payung. Kan jadi harus ngeluarin uang lebih. Teman saya juga pernah sampai membawa jas hujan, karena saat dia traveling negara yang dituju sedang cuaca ekstrim hujan tak henti-henti. Tetapi saya tidak menyuruh teman-teman membawa jas hujan, cukup payung saja.

Item-item kecil lainnya yang harus dibawa adalah gembok yang memiliki standar international atau TSA. Saya pernah mendapat harga sangat murah di ace hardware store, karena saat itu sedang ada promo untuk member ace hardware. Senang sekali bisa dapat harga murah dengan kualitas bagus. Obat-obatan yang dibutuhkan harus kita bawa, seperti vitamin juga penting. Pindahkan vitamin dan obat ke wadah obat kecil-kecil, Casing pasport yang beraneka ragam juga bisa kita gunakan untuk melindungi pasport dan terlihat lebih menarik, tag penanda koper dan ransel juga bisa kita gunakan, casing camera juga penting untuk melindungi camera dari benturan dan air serta kotoran debu,  bantal leher yang pernah saya beli di ace hardware yang beraneka macam bentuknya lucu-lucu juga selalu saya bawa menemani saya tidur di dalam pesawat selama perjalanan. hal-hal ini sering dilupakan tapi  penting dan sangat membantu kita menikmati perjalanan lebih nyaman dan aman.

Pada intinya, barang-barang yang kita bawa adalah bentuk antisipasi kita untuk menjadi aman di tempat traveling. Barang yang kita bawa dapat membantu kita untuk memuluskan perencanaan traveling yang telah kita lakukan, membantu kita mengontrol budget atau bahasa lainnya menghemat pengeluaran. Karena itu perencanaan yang baik sangat dibutuhkan untuk memulai sebuah perjalanan yang menyenangkan. So, ready to go… and happy traveling🙂

421297_2397454750829_1662295723_n

3 Responses to “Tips menyiapkan barang bawaan untuk bepergian a la backpacker”

  1. Keiko February 10, 2016 at 12:18 am #

    Hello, kak. Saya ingin bertanya karena ini adalah perjalanan bacpacker pertama saya ke singapore. Karena saya hanya membawa satu tas ransel yang diletakkan didalam kabin, saya ingin tahu apakah botol 100ml boleh dibawa dlm jumlah banyak? Dan bagaimana pasta gigi? Apakah dia boleh-boleh saja?

    • ekkairianto February 11, 2016 at 12:34 am #

      halo keiko.
      botol 100 ml itu artinya cairan yang berada di dalam botol tersebut. membawa banyak itu berapa buah?
      kalo membawa sabun 100 ml dalam botol sebanyak 10 buah menurut saya ndak efisien dan untuk apa?nanti akan jadi pertanyaan. membawa dalam keadaan normal saja. artinya kalo ingin stay lama di singapore sampe sebulan ya mending beli sabun botolan disana saja.
      kalo cuma seminggu gga perlu membawa banyak.
      kalo yang dimaksud keiko “dibawa banyak” itu botol 100 ml yang isinya. 1. sabun. 2. shampo. 3. body lotion. 4. sabun muka ya itu wajar sangat diperbolehkan🙂
      tapi kalo membawa air minum 100 ml untuk diminum sebanyak 10 botol 100 ml. ndak usah. bawa saja botol kosong yang besar tumbler atau botol tupperware atau aqua kosong. ndak ada isinya. nanti sampe di airport changi ada kran air bisa untuk diminum.
      tinggL isi ulang disana saja🙂
      begitu keiko.
      Jika ada yang tidak jelas silahkan bertanya lagi.
      selamat packing dan backpacking🙂

    • ekkairianto February 12, 2016 at 12:58 am #

      oiya untuk pasta gigi boleh saja.kan ada yang ukuran kecil keiko.menurut saya klo travelling lebih simple jika membawa yang ukuran mini saja.bahkan sikat gigi saya yg model lipatan. selain itu gak menu menuhin tas

Leave a Reply

