Mengurus Penambahan Nama di Paspor

29 Oct

Tercatat pada tanggal 25 Oktober 2013 saya berada di kantor imigrasi waru di sidoarjo (surabaya coret).  Adapun perihal kedatangan saya ke Imigrasi kembali adalah karena paspor suami saya saya dikembalikan oleh travel agent tempat kami mengurus kepergian untuk umroh.  Saat itu travel agent menyuruh untuk mengurus penambahan nama ayah dan kakek supaya nama suami saya menjadi minimal 3 suku kata. Pihak Travel agent mengatakan sebenarnya mereka bisa menguruskan cuma nanti akan terkena biaya jasa sebesar 250 ribu. Saat itu saya berpikir kenapa harus mengeluarkan uang sebanyak itu kalau mengurus sendiri bisa saya lakukan. Lagipula Imigrasi sekarang sudah sangat mudah mengurus segala sesuatunya sendiri dan prosesnya juga cepat.

Mulai lah saya browsing di internet mengenai perihal penambahan suka nama ini, karena jujur baru kali ini saya mendenger perihal ini. Usut punya usut ternyata memang pihak saudi mewajibkan penambahan nama bagi orang-orang yang akan berangkat ke saudi, minimal 3 suku kata. Mungkin karena begitu banyaknya orang yang akan mnegunjungi negara ini dan begitu banyaknya nama. Sehingga nama suami saya yang hanya Gandi Wicaksono akan di tambahkan nama ayah dan kalau mau ditambah lagi nama kakek (bapaknya ayah juga boleh) dan nama ayah suami saya Oemar Said. Sehingga nanti akan menjadi Gandi Wicaksono Oemar atau boleh juga seperti ini, Gandi Wicaksono Oemar Said.

Hmmm…. jadi terpikir sesuatu dan menurut saya ini penting. Disarankan bagi yang akan mempunyai anak, berilah nama anak anda minimal tiga suku kata. Meskipun nanti ketika akan mengurusnya tidak perlu kesulitan yang berarti he he he he…..

MENUJU IMIGRASI

1. FOTOKOPI DOKUMEN DALAM KERTAS A 4

Baiklah, saya membayangkan akan mengalami kesulitan yang berarti ketika akan mengurus hal ini. Meskipun berkali-kali saya membaca bahwa sekarang sudah sangaattttt mudah mengurus segala sesuatunya. Karena saya membayangkan akan ramai disana saya memutuskan untuk mem-fotokopi semua dokumen. Hmmmm…..  mengenai hal ini saya mem-fotokopi dokumen, saya terlanjur meng copy nya di kertas Folio. Ketika Saya mencari info lagi ternyata semua dokumen di copy dalam kertas A 4  akhirnya pagi sebelum berangkat saya meng-copy ulang dalam kertas A 4.

Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk penambahan nama: Paspor , KTP , Kartu Keluarga , dan akte kelahiran. Kalau tidak punya akte kelahiran bisa menggunakan ijazah SMA yang ada tertulis nama orang tua (Ayah). Tidak perlu membawa ijazah sekolah terakhir seperti S 1 atau S 2 he he he he.. karena disana tidak tertera nama Ayah kita. Semua dokumen kita copy dalam kertas A 4. Jangan lupa membeli materai 6000. Kemarin saya lupa akhirnya membeli di koperasi imigrasi seharga Rp 7.500,-

Dokumen: Fotokopi dalam kertas A 4: KTP – KSK – Ijazah/akte lahir – halaman depan paspor yang ada foto – halaman belakang paspor yang ada catatan resmi berisi alamat

2. AMBIL KERTAS BERISI PERNYATAAN INGIN MENAMBAH NAMA DI KOPERASI IMGIRASI + MATERAI 6000

Sesampai di Imigrasi saya menuju pusat informasi untuk bertanya apa langkah yang saya lakukan untuk proses penambahan nama. Saya disuruh ke loket koperas imigrasi untuk mengambil form permohonan penambahan nama. Berupa selembar kertas, udah berisi tulisan permohonan bagi kita untuk proses penambahan nama. Di kertas ini juga lah nanti materai sebesar 6000 akan ditempelkan dan akan kita tanda tangani. Oia, surat ini tidak bayar sama sekali alias FREE. saya hanya membayar 7.500 di koperasi ini untuk membeli materai 6000 karena saya lupa membeli sebelumnya. Hanya dibutuhkan selembar materai saja yah.

3. AMBIL FORMULIR DATA DIRI UNTUK MENGISI SEMUA INFORMASI YANG BERKAITAN DENGAN DIRI KITA 

Setelah mengambil surat ingin menambah nama, saya kembali ke loket informasi untuk mengambil form data diri yang mana kita harus mengisi nama, pekerjaaan , alamat , nama orangtua, dan lain-lainnya. jangan lupan membawa pulpen berwarna hitam dan mnegisi form tersebut dengan tulisan cetak. Setelah itu saya di arahkan menuju loket nomer 3.

4. DI DALAM RUANGAN IMIGRASI – LOKET NOMER 3

ketika poin 1-3 diatas saya berada diluar ruangan imigrasi. di poin ke 4 ini saya masuk kedalam ruangan imigrasi. masuknya pun terpisah in dan out menggunakan tombol yang harus kita sentuh terlebih dahulu baru pintu akan terbuka. Jadi sulit untuk orang yang akan sembarangan keluar menggunalan pintu in dan  Out. Tidak perlu diragukan lagi bahwa di dalam sangat ramai, ternyata mereka ramai untuk menunggu di foto dan wawancara. Tetapi tenang saja tidak sumuk dan panas sama sekali karena ac pendingin sangat mampu meredam panas. Di dalam kantor berderet-deret loket. Saya langsung menuju loket 3. Kata mbak yang jaga pusat informasi di luar, saya di suruh ambel nomer antri dulu sebelum mengisi. Mungkin supaya ketika selesai mengisi form saya bisa langsung dipanggil. Maka saya langsung memencet tombol antri dan seketika itu langsung nomer antrian saya di panggil, loh bagaimana ini. saya belum mengisi form he he he he he ……. akhirnya saya menjelaskan kepada bapak petugas, bahwa saya sebenarnya belom selesai mengisi form karena takut antri kelamaan. Ealaaaa ternyata tidak antri sama sekali. Setelah menunjukan semua kopi dokumen , ternyata dokumen saya kurang satu, yaitu bagian paling belakang pasport yang halaman terakhir, halaman catatan resmi. Setelah saya selesai mengisi semua form, bapak petugas memberikan saya map yang free tidak bayar. Karena saat diberi map tersebut saya langsung bertanya, “Pak, maaf apa ini bayar?” bapaknya dengan tersenyum menjelaskan semua gratis. Saya bertanya kembali , pengurusan penambahan nama ini apa juga free? , kembali dijawab bapak petugas , “iya semua nya bebas biaya”. Wahhhh alhamdulillah….. gak kebayang kalau di travel agent kena biaya Rp 250.000,-

pasport

MAP RESMI IMIGRASI TIDAK BERBAYAR

Setelah selesai mengisi form data diri, menandatangai surat permohonan penambahan nama ber-materai dan menyerahkan semua copy dokumen, semua dimasukkan dalam map dan saya diberi secarik kertas kecil resmi bertuliskan kapan harus kembali mengambil paspor yang telah berisi penambahan nama. Karena saya jumat menyerahkan dokumen maka selasa saya dapat mengambil kembali paspor. Sabtu-minggu tidak dihitung dalam pengurusan karena libur he he he he he……….

5. AKHIR DARI PROSES PENAMBAHAN NAMA

Kita hanya perlu kembali ke kantor imigrasi dan menujukan secarik kertas untuk pengambilan paspor. Selesai sudah, akan tertulis di halaman ke 4 di halaman Catatan Pengesahan / Endorsements nama baru kita yang berisi nama ayah di belakang nya. OIya, ini bukan pembuatan paspor baru. Jadi masih tetap menggunakan paspor lama kita. dan di paspor lama kita juga masih tertera nama lama kita, hanya saja ditambahakan di halaman catatan pengesahan (Lihat gambar) .

pasopr1

Tertulis di halaman catatan pengesahan / endorsements

Demikian Informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat. Indahnya berbagi …… #LOVE SHARING

79 Responses to “Mengurus Penambahan Nama di Paspor”

  1. randicare January 28, 2014 at 10:10 pm #

    Informasinya detil dan sangat membantu. Makasih banyak ya. Keep blogging {()}

  2. luvias rizal February 13, 2014 at 12:46 pm #

    sangat brmnfaat,matur tengqu yaa….jempol 3x for you

    • ekkairianto February 15, 2014 at 8:33 am #

      terimakasih luvias.
      salam kenal yaa🙂

  3. Ali Wardana February 26, 2014 at 10:05 pm #

    Info ini sudah lama saya cari – cari… Makasih banyak mas….
    Btw, penambahan namanya harus di kantor penerbit paspor atau nggak ya?

    • ekkairianto April 12, 2014 at 2:11 am #

      mas ali.. mohon maap saya perempuan. he he he he heee….
      ehhh tapi gpp kok salah nyebut. hi hi hi hi hi..
      sepertinya di seluruh kantor imigrasi bisa.

  4. trisya wienabayu March 4, 2014 at 5:17 am #

    Terima kasih infonya,kebetulan sy juga mau melakukan proses pnambahan nama
    klo boleh tanya,dokumen akte dan lainnya yg aali harus ikut dibawa tidak y?

    • ekkairianto April 12, 2014 at 2:10 am #

      maap mbak baru bales. iya. semua dokumen asli harus dibawa. dan di fotokopi dengan ukuran A4. dan semua proses adalah free tidak membayar sama sekali

  5. mas angus March 24, 2014 at 1:11 am #

    thank share pengalamannya

    • ekkairianto April 12, 2014 at 2:06 am #

      sama-sama mas. semoga bisa membantu🙂

  6. djoko April 23, 2014 at 3:59 am #

    Thanks infonya, sangat membantu. Berbekal copy lengkap dan materai, saya tinggal ambil formulir di koperasi, dan form isian di informasi. Langsung ke loket 3. Semua selesai gak lebih 30 menit.
    2 hari berikutnya ambil passport yg sudah ditambah nama ortu.
    Again, thanks.

  7. santi May 2, 2014 at 10:55 pm #

    Jadi paspor lama ID paspor juga tetap ya ,dan mau tanya paspor lama aku fotonya tidak pakai jilbab apakah boleh pergi umroh ? Tolong balas ya terima kasih

    • ekkairianto May 19, 2014 at 9:58 am #

      iya pakai pasport lama dan tidak masalah jika tidak pakai jilbab.

  8. gilang May 21, 2014 at 1:44 am #

    Terimakasih infonya mbak, sangat rinci & jelas. Oiya, untuk mengurus perubahan nama ini, bisa diwakilkan ke orang lain gak? Terimakasih lagi🙂

    • ekkairianto May 28, 2014 at 8:49 am #

      sama-sama mas🙂
      keep sharing dan bermanfaat buat orang lain🙂

  9. Julie Julie May 26, 2014 at 2:57 am #

    mau nanya mbk… klo KTP, Ijazah, KK, Akta masih yg lama alias nama masih yg lama blm dirubah. apa bisa ganti nama di paspor sblm smua itu dirubah dlu?
    Makasih,
    JJ

    • ekkairianto May 28, 2014 at 8:48 am #

      Iya mbak. Jadi untuk penambahan nama di pasport itu tidak mengubah atau tidak mempengaruhi di KK, KTP, Ijazah dan lain-lain. Artinya, kita menambah nama sebagai syarat pembuatan visa masuk ke suatu negara. Seperti visa arab saudi. Mbak cukup mengikuti langkah-langkah yang telah saya tuliskan, setelah itu nanti akan ter-print di lembar paspor mbak penambahan nama (baru) itu.
      semoga bisa membantu🙂

  10. tyas August 19, 2014 at 12:10 pm #

    trims sangat membantu..

  11. Cuneyt Cangkir Curut September 16, 2014 at 10:22 am #

    nambahkan nie info baru pengalamanku terbaru

    saya baru buat paspor baru utk umroh haji…….selain KTP, KK, akta lahir atau ijazah sejenis yg harus sama seragam nama tempat tgl lahir pembuat paspornya asli + 1 copy an masing2, juga wajib membawa Surat Keterangan Kenal Lahir (SKKL) dri Kantor Catatan Sipil utk buat 3 suku nama itu, khusus paspor Saudi (sukarela biayanya wkwkwkw, anggaplah sedekah 30.000 tukang ketik + 2 saksi dri capil situ…nasib mental birokrat kita, 2 hari baru selesai klo gak kasih sedekah mungkin antum selamanya ngantri kekekek)………..catatan tergantung imigrasi daerah anda masing2, klo daerahku harus datang pagi sekali sekitar 6.30an lah utk dapat no antri masuk awal, jam 8.30an udah abis keduluan calo🙂

    • Cuneyt Cangkir Curut September 16, 2014 at 10:35 am #

      semua jempol utk Kantor Imigrasi daerahku, pelayanan lumayan bagus gak ada pungli 355.000 + parkir asal semua syarat diatas lengkap insya Alloh semua akan beres, cuma 2 kali datang kekantor paspor ditangan……..jempol kebawah utk kantor catatan sipil daerahku, pungli keparat :p

      • ekkairianto September 29, 2014 at 11:30 am #

        jempol dua🙂

    • ekkairianto September 29, 2014 at 11:32 am #

      kenapa harus pakai SKKL ya. Karna setau saya, membuat paspor baru juga ga perlu akte kelahiran (kalo ga punya). Bisa pakai surat tamat sekolah SMP yang disitu tertulis nama orang tua kita.
      Wahh Tapi untuk info baru ini. Terimakasih banyak yaaaa🙂 semoga bisa jadi sharing pengalaman yang sama utk membutuhkan.

  12. ferdianto September 29, 2014 at 8:47 am #

    Terima kasih infonya mba..mohon tanya..apakah pengurusan bisa diwakilkan orang lain..mis keluarga

    • ekkairianto September 29, 2014 at 11:30 am #

      sepertinya bisa diwakilkan/ mbawa surat kuasa ya. karna kalo cuma penambahan suku kata hanya mengisi form saja. Ga perlu foto dan tanda tangan

      • agri33 June 22, 2015 at 7:56 am #

        form di kntor imigrasi dit4 pertama kali bkin passport nya? apa sj berkas2 yg hrs dibawa dan brp hari biasanya jadinya ?

      • agri33 June 22, 2015 at 8:00 am #

        Apa sj berkas2 yg hrs dibawa, brp hari jadinya dan brp biayanya ? klo ibu Sy tdk bs dtng lngsung ke kntor imigrasinya , apakah bs di wakil kan orang lain dan apakah yg bersangkutan hrs tanda tangan/fto lg ?

  13. azitafebriani October 6, 2014 at 12:57 am #

    halo salam kenal mbak eka, terima kasih ya tulisannya tentang ini🙂

    ikut sharing ya menjawab beberapa pertanyaan diatas, sebetulnya Surat Keterangan Kenal Lahir (SKLL) tidak diwajibkan untuk persyaratan penambahan nama di paspor selama nama yang akan ditambahkan di permohonan kita tertera di Akte Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah. Contoh kasus yang memerlukan SKKL misalnya :
    nama di Akte Kelahirannya adalah Edelweiss, nama ayahnya Arjuna. Otomatis masih kurang 1 kata lagi yaitu nama kakeknya dan ini tidak tertera di Akte Kelahiran, untuk itu dibutukan surat keterangan tambahan untuk nama kakeknya tersebut.

    Dan untuk masalah permohonan yang diwakilkan, sebetulnya pihak imigrasi mengimbau kepada seluruh pemohon untuk mengurus segala permohonan sendiri untuk menghindari terjadinya percaloan. Kecuali kalau memang pemohon dan yang dikuasakan terdaftar dalam 1 kartu keluarga.

    Mohon maaf ya kalaku kuran berkenan🙂

    Azita-kanim banjarmasin

  14. lisa October 15, 2014 at 1:51 pm #

    mas tlg tny saya juga baru melakukan perubahan nama tp di lembar pengesahan tdk ada tanda tangan dan cap seperti yg ada d gmbr..jd pengesahan nama itu berlaku tdk?mohon bantuannya..thanks

  15. jaya November 5, 2014 at 11:26 am #

    sekedar menambahkan, saya barusan ngurus penambahan nama juga di imigrasi waru. untuk perubahan nama sekarang juga perlu membawa surat rekomendasi dari PT/travel penyelenggara haji/umroh. dan usahakan datang sepagi mungkin, karena nomer antrian dibatasi. loket dibuka jam 8 tapi jam 9 bisa saja tutup karena no. antrian habis. datang lebih awal lebih baik (6.30 – 7) semoga membantu biar ga bolak balik ke imigrasi🙂

    • ari November 10, 2014 at 7:23 am #

      mohon maaf pak jaya, kalau ke saudi nya dalam rangka tugas gimana pak? apa harus bawa surat dari kantor juga kah? terima kasih.

  16. SURATNO SURATNO November 6, 2014 at 11:02 am #

    Bahasa inggrisnya salah. Kalau penambahan nama harusnya “additional name”.kalau full name of bearer cocoknya perubahan nama. Kalau anda pergi ke negara lain seperti ausyralia.dll.visa anda akan berbeda dengan identitas ijasah.sim.dll.yang ada miliki.

  17. SURATNO SURATNO November 6, 2014 at 11:05 am #

    Maksudnya Australia, dll. Nama di visa anda akan berbeda dengan nama anda yang ada di ijazah atau sim.

  18. MUHAMAD DAIM January 2, 2015 at 11:48 am #

    mohon informasikan kpd kami bhw saya ingin mgjukan pengeshan nama di paspor namum saya blm tahu prosedur

  19. Ayip Fulloh January 3, 2015 at 1:42 pm #

    Terimakasih untuk Informasinya.sangat Membantu..semoga nanti kalo saya menambahkan nama, di Permudah.Amin… 😊☺😊☺😊☺

  20. tiyas February 14, 2015 at 4:24 am #

    trims mbak infonya sangat membantu sekali.
    khusus nanggepi pak Suratno: saya kemarin alhamdulillah sempat ke australia dalam rangka diundang workshop oleh salah satu uni disana.
    asal kita menyampaikan data yang sebenarnya sesuai paspor maka invitation letter serta gurantee letter dari pihak aussie nya semua namanya sesuai paspor.
    jadi yang dipakai identitas di paspor.

  21. Angga February 24, 2015 at 10:08 am #

    Jadi kalo ke luar negri, selain arab, terus isi kartu imigrasi. Pas disuruh tulis full name nya, tulisnya yg di halaman 1 atau 4?

    • ekkairianto January 13, 2016 at 2:31 pm #

      tulis nama lengkap yang ada di pasport depan

  22. Khuzaima April 20, 2015 at 4:28 am #

    Mas, kalo ngurus passpor untuk pertama kalinya, dan perlu penambahan nama. Apa bisa sekaligus? *saya kok bacanya ini pada udah punya passpor semua soalnya, hehe

    • ekkairianto April 21, 2015 at 4:39 pm #

      Setau saya bisa.cuma kalo saya,klo emang tidak terlalu dibutuhkan untuk pencantuman tiga nama itu,dan kebetulan nama kita hanya 2 suku kata, kyaknya nya ga perlu deh.
      *correct me if i wrong*

  23. Muhammad Taufiq June 17, 2015 at 4:30 pm #

    Bagaimana caranya merubah 1 huruf di passport ?
    visit visa ibu sy beda 1 huruf ” P’ sedangkan di passportnya memakai huruf “F”. pihak government arab saudi di riyadh pd saat ini sdh tutup untuk aplikasi online visa, nanti stlh musim haji baru dibuka kembali sedangkan masa berlaku visa yg adh ada ini tnggl bbrp minggu lagi. apakah bs kita menggajukan penggantian 1 huruf itu dr huruf ” F” mnjdi huruf “P” ? dan bagaimana cara resmi nya?

  24. herlinda August 16, 2015 at 9:17 am #

    Mba eka berarti mengurus penambahan nama untuk passpor suami ya? Klo iya berarti bisa diwakilkan ya mba Mohon info nya mba

    • ekkairianto August 17, 2015 at 10:01 am #

      iya kemarin mengurus penambahan untuk suami. Tapi suami saya hadir. Sepertinya bisa diwakilkan mbak. pake surat kuasa gitu. mohon info bagi yang udah pernah mewakilkan pengurusan seperti ini

  25. efendi November 30, 2015 at 11:45 pm #

    Terimaksih banyak untuk informasinya dan sharenya

  26. kabita February 1, 2016 at 2:52 pm #

    mau tanya nih, saya sudah online dan sudah menentukan tanggal. tp nama yg saya daftarkan di online 2 kata, sedangkan saya mau buat jadi 3 kata,apa saat wawancara nanti bisa langsung bilang atau bagaimana ya?

    • ekkairianto February 2, 2016 at 1:24 pm #

      iya setau saya bisa mbak… namanya mbak mending daftar yang dua kata aja
      sesuai akte dan ID.

  27. kusuma February 9, 2016 at 11:57 pm #

    Assalamu’alaikum
    Mb eka, berarti pengurusan penambahan nama menjadi 3 kata di paspor ini boleh di wakilkan ya mbak?
    saya mau menguruskan penambahan nama 3 kata untuk ayah saya.
    ada yang bilang gak boleh saya wakilkan begitu mbak.
    terimaksih

  28. kusuma February 9, 2016 at 11:58 pm #

    Assalamu’alaikum
    Mb eka, berarti pengurusan penambahan nama menjadi 3 kata di paspor ini boleh di wakilkan ya mbak?
    saya mau menguruskan penambahan nama 3 kata untuk ayah saya.
    ada yang bilang gak boleh saya wakilkan begitu mbak.
    terimaksih

    • ekkairianto February 11, 2016 at 12:35 am #

      boleh. jangan lupa pakai surat kuasa ya. bermaterai biar lebih sah. dan lampirkan ktp serta bukti hubungan mb kusuma dengan ayah. misal pakai kartu keluarga atau apa gitu.

      • Diah February 12, 2016 at 10:14 am #

        Pak, mau tanya..ortu saya mau buat pasport buat umroh..namanya kurang dari 3 suku kata..berarti buat pasport baru sesuai KTP..kemudian process penambahan nama menjadi 3 suku kata atau lgsg buat pasport dengan 3 suku kata?
        Saya sudah daftrkan secara online, bagaimana pak?

      • ekkairianto February 15, 2016 at 5:07 pm #

        kalau sebelomnya sudah punya pasport, gak usah bikin baru.
        langsung aja di proses untuk “penambahan suku nama menjadi 3” nya. simple ndak bayar.

      • ekkairianto April 30, 2016 at 1:00 am #

        pasport itu sesuai nama yang ada di akte kelahiran/ ijazah . otomatis nama yang ada di KTP dan tertera di kartu keluarga kita.
        nanti setelah pasport yang jadi , untuk keperluan umroh yang mengharuskan nama terdiri dari minimal suku kata. akan kita uruskan kemudian, nanti akan muncul di lembar halaman catatan – pengesahan.
        jadi untuk keperluan membeli tiket tetep pakai nama asli yang sama seperti di ID/ ktp kita/ pasport yang ada di foto kita

  29. Winasih March 11, 2016 at 1:42 am #

    Thanks..bermanfaat bgt..
    Kmrn sy jg diminta 250 oleh travel utk biaya penambahan nama. Setelah liat postingan ini mending diurus sendiri aja ya.

    • ekkairianto April 10, 2016 at 2:33 pm #

      alhamdulillahh mbak. kalo tulisan ini bermanfaat. nah loh. 250 k lumayan untuk dituker ke riyal he he he….

  30. shinta April 23, 2016 at 7:16 am #

    Mbak kasus saya juga sama persis seperti suami mbak. Saya masih bingung. Saya rencana mau ke singapore nah kalo kita mau ke singapore harus membeli tiket pesawat dengan memakai nama sebelum diubah atau di kolom pengesahan itu ya mbak? Mohon penjelasannya terimakasih ☺

    • Diona April 29, 2016 at 2:17 am #

      Jika untuk perubahan nama apakah prosedurenya juga sama seperti anda?apakah nomor paspor lama dan baru anda juga ikut ganti??trimss

      • ekkairianto April 30, 2016 at 12:51 am #

        Jadi begini. ketika mengurus penambahan nama. kita tidak berganti pasport. pasport tetap yg lama. hanya nanti di halaman catatan pengesahan/ endorsements. kalo emang belom ada apa2. nanti akan ada di halaman 4. berbunyi. penmabahan nama/ full name of bearer:

        nama kita plus penambahannya.

        di pasport halaman depan tetap nama awal kita. nomer pasport juga sama. buku pasportnya juga masi sama. bahkan yang sebelom mengurus penambahan nama ada cap/stempel tetep ada. artinya buku pasport kita tidak berubah sama sekali. hanya ada print an di lembar catatan pengesahan itu berada penambahan nama.

    • ekkairianto April 30, 2016 at 12:55 am #

      mbak. nama yang kita pakai tetep nama pertama kita sebelom ditambah dengan apa apa. karena penambahan nama itu kan hanya di tulis di kolom catatan-pengesahan.
      untuk memebeli tiket yang kita gunakan. nama yang berlaku di pasport kita.di halaman kedua yang ada foto kita.

    • ekkairianto June 18, 2016 at 4:01 pm #

      ikut nama di depan sampul pasport. nama awal di id card

  31. serum body impress May 20, 2016 at 5:05 pm #

    Tks infonya yaa, sangat membantu, jadi minimal 3 suku kata,boleh 3 boleh 4 dst ya..

  32. baby tera June 21, 2016 at 7:47 am #

    halo… ikut diskusi ya…
    terkait umrah saya perlu penambahan nama ini, tapi mau sekalian ganti paspor lama jadi e-paspor saja. apakah nanti di kantor imigrasi saya ambil 2 formulir : baru DAN formulir tambah nama atau formulir baru saja?

    • ekkairianto June 22, 2016 at 5:01 am #

      ditanyakan saja mbak. pasport kita itu setau saya tetap memakai nama yg ada di akte kelahiran sesuai dengan id card. berarti nama kita asli.
      kalo nanti pun ada penambahan nama itu dilampirkan di halaman selanjutnya.

      di sampul depan tetap ID kita adalah nama sesuai akte kelahiran, KTP dan surat resmi lainnya yang biasa kita pakai.

  33. Stephani August 23, 2016 at 11:34 am #

    Mba eka, mau tnya .. Katanya jika di catatan pengesahan (see page 4) nya itu ada penambahan nama tsb nnti untuk visa spain dan visa italy pasti ditolak ya karena mereka tidak menerima penambahan nama?

    Thanks.

    • ekkairianto August 23, 2016 at 12:03 pm #

      setahu saya.penambahan itu kan di kertas saja mbak.ga ngubah nama di sampul pasport yg memang nama kita sesuai id dan dicatat negara. sepertinya ndak ngaruh.

  34. Nurani August 25, 2016 at 12:42 am #

    Thnks atas shering nya, saya jg mengalami smcam ini, mempunyai pasport tnp nma belkang mungkin saya harus dtg lgi ke imigrasi,

  35. Winda September 7, 2016 at 7:41 am #

    Assalamualaikum Mba Eka,

    Saya mau tanya, saya sudah punya passport, nama yang tertera di passport adalah nama saya dan nama ayah. Qodarullah satu keluarga nama nya cuma 1 kata saja (ya mau gimana lagi hehehe…).
    saat ini saya mau nambah nama di passport saya dengan nama kakek.

    pertanyaanya,
    1. saat di imigrasi, benar kita hanya perlu bawa KK, KTP, Akta kelahiran?? yang mengesahkan ada nya nama kakek itu di KK ya??
    2. Jika kita hanya ingin menambah nama saja, (tidak untuk umroh/haji), apakah akan tetap di minta surat keterangan akan bergkat haji/umroh? ya walaupun ada keinginan untuk umroh, tapi ga tau kapan😀

    Terima kasih Mba

  36. Winda September 7, 2016 at 8:01 am #

    Assalamualaikum Mba Eka,

    Saya mau tanya, saya sudah punya passport, nama yang tertera di passport adalah nama saya dan nama ayah. Qodarullah satu keluarga nama nya cuma 1 kata saja (ya mau gimana lagi hehehe…).
    saat ini saya mau nambah nama di passport saya dengan nama kakek.

    pertanyaanya,
    1. saat di imigrasi, benar kita hanya perlu bawa KK, KTP, Akta kelahiran?? yang mengesahkan ada nya nama kakek itu di KK ya??
    2. Jika kita hanya ingin menambah nama saja, (tidak untuk umroh/haji), apakah akan tetap di minta surat keterangan akan bergkat haji/umroh? ya walaupun ada keinginan untuk umroh, tapi ga tau kapan😀
    3. Jika kita sudah terlanjur membeli tiket pesawat dengan nama yang lama, apakah harus konfirmasi ke maskapai nya juga? melihat ternyata perubahan nama hanya di letakkan di belakang, saya kira nama di sampul depan juga berubah

    Terima kasih Mba

    • ekkairianto September 7, 2016 at 10:29 am #

      1. nama kakek kan ada di KK ayah nya mbak.
      nanti tinggal tulis saja 3 suku kata nama mbaknya+nama ayah+nama kakek
      2.kalo belom akan memerlukan 3 suku kata nama itu, kenapa harus menambah 3 suku kata?nanti aja klo akan brgkt. prosesnya cepet kok.
      3.engga perlu. karena nama kita yang ada di paspor dan KTP itu tetap.di sampul pasport juga tetap nama sesuai ID/KTP.
      nanti di halaman selanjutnya akan ada nama 3 suku nya mbak.
      jadi nama yang kita pakai tetep nama asli kita, dalam hal ini nama nya mbak yg cuma satu suku kata itu.’

      • Winda September 7, 2016 at 11:01 am #

        hehehhee… syukron mba Eka untuk penjelasannya.🙂

  37. Dwi October 6, 2016 at 8:26 am #

    Mas ekka, klo pengajuan endoresemnt page itu bs untuk tujuan lain selain saudi arabia gk.
    Karena sy sudah terlanjur beli tiket ke Jepang dengan penambahan marga. tp ternyata epassport sy tidak menggunakan nama marga.

    terima kasih

    • ekkairianto October 14, 2016 at 7:23 am #

      halo mbak..
      salam kenal yaa…
      saya perempuan loh mbak…
      menurut saya begini. urusan paspor itu sangat penting loh mbak. artinya sebaiknya, nama dan identitas yang ada di paspor itu sama dengan akta kelahiran atau ID card kita.
      apalagi soal nama.
      untuk tiga suku kata itu emang biasa syarat dari saudi karna kuatir dengan jamaah yang memiliki nama yang sama.

      untuk perihal mbak.
      sebaiknya yang mengalah tiket maskapai pesawatnya.
      masih bisa di edit kok mbak.hubungi contact person dari maskapai.
      jangan paspor nya yang mengikuti tiket.
      he he he…
      pegangannya tetep paspor dan ID card ya.
      selamat travelling ke jepang mbak.

  38. Indah October 18, 2016 at 9:07 am #

    Hi mba Eka, apakah diperlukan surat rekomendasi dari pihak travel yang akan memberangkatkan umroh?

    • ekkairianto October 18, 2016 at 12:18 pm #

      gak perlu mbak, prosedurnya persis seperti yang saya tulis.

    • Ela NQ October 19, 2016 at 4:30 am #

      sepertinya tergantung cabang kantor imigrasi nya juga mbak. Karena kalau di cabang Bandung diperlukan Surat Rekomendasi dari travel.

      • ekkairianto October 19, 2016 at 11:38 am #

        beda ya..soalnya saya tidak memerlukan surat dari travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: