Saya dan Komunitas Backpacker Dunia

29 Aug

421297_2397454750829_1662295723_n

Tidak terasa komunitas tercinta saya Backpacker Dunia yang telah didirikan oleh mbak Elok Dyah Messwati akan berulang tahun ke-4 pada 5 september. salah seorang teman yang baik hati banget dan sangat mencintai  komunitas ini menyediakan 4 hadiah dia bernama om deni baik-hati, membuat beberapa kuis yang menurut saya sangat berbobot, berilmu, dan sangat menggali banget dah pertanyaan yang diajukan nya. Dari beberapa pertanyaan ada 3 yang saya ikuti dan setelah saya telaah, saya kaget dengan jawaban saya dan merinding bahwa, saya benar2 mencintai dan belajar banyak di komunitas ini dan tetep menjadi pribadi yang rendah hati.

Berikut beberapa pertanyaan dari om deni dan jawaban saya, saya copy-paste semoga menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk lebih melihat setiap makna perjalanan dan persahabatan.

PERTANYAAN KE-4

1.Untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi BDers yang berdomisili di luar Jakarta, mbak Elok membentuk group BD regional. Pertanyaannya, ada berapakah jumlah BD Regional tersebut? (clue : ada di file BD kok)

2.Seorang teman mengatakan bahwa backpackeran mampu mengubah hidupnya. Dia kini menjadi lebih mandiri dan lebih peka terhadap lingkungan. Apakah kamu juga merasakan perubahan hidup setelah melakukan backpackeran? Ceritakan dgn singkat padat dan jelas yaa..

Dan jawaban saya:

Dian Ika Riani Ikutan ahhh..kagak pernah bosen dg pertanyaan mas deni :))
1.Ada 28.
2.Semenjak saya memutuskan mengatur perjalanan saya sendiri dan menjadi pejalan mandiri (Backpacker) utk melihat daerah lain.baik itu DN-LN.sangat AJAIB.krn saya tiba2 saja menjadi ahli budget (atur2 duit supaya ga kere di jalanan),ahli akuntansi (catet2 itung2 mana yg cost krn kebodohan nyasar&tergiur membeli oleh2),ahli GPS (tiba2 mjd kompas dan menjadi harus tidak-buta arah.meski sering nyasar  ,ahli pembuat rencana cadangan (ktika plan A ga berjalan),ahli membaca thread BD sampe juling mata wkwkwkwk..,ahli kepekaan (ktika kenegatifan akan segera menghampiri di tengah perjalanan,segera mencari kepositifan ),ahli pemakan segala (ex:kepaksa maem roti,krn ini yg paling murah demi menghemat bbrp lembar duit), ahli menulis (mjd orang ingin berbagi dengan yg lainnya), ahli pencari tiket promo/travel agent (sampe2 sering di telp teman/sodara utk dicarikan tiket)…ahli…ahliii… Ahhh banyak lainnya. Dari sini saya banyak mendapat ilmu.tiba2 saja saya seperti kuliah di Kehidupan, yap.Life of Universe.yang ga pernah saya dapetkan di bangku sekolah manapun.secara tidak lsg saya belajar dari perjalanan.ktika saya bersentuhan dg warga lokal.berinteraksi.masuk ke pasar lokal yg beneran pasar basah/kering,nyelusup2 nyasar di jalanan dan ternyata saya terdampar di lingkungan yg tidak ada di buku panduan perjalanan manapun,berinteraksi di dlm kendaraan umum se-umum2nya.ini membuat saya “belajar Melihat” yang maha dahsyat.yang tdk saya dptkan jika melakukan perjalanan melalui travel agent.Membuat saya bersyukur atas segala yang Tuhan berikan utk saya,Keluarga dan Negara. Ntah,lah.sesuatu yang ga bisa dinalar dg apapun bekal yg saya dapatkan di “perjalanan mandiri” ini. Secara tidak langsung,alam bawah sadar saya semakin terasah dan ktika saya udh kembali ke kehidupan normal (aktivitas biasanya sehari2), semuanya muncul kembali mendidik saya utk open mind,dewasa,melihat sesuatu tidak dari luarnya saja,tidak memutuskan sesuatu secara gegabah,menbuat lebih cermat dan tepat,mudah beradaptasi,tidak rewel dlm kesusahan yg saya alami,peka terhadap perubahan mendadak dan cepat memutuskan sesuatu. Dan yg lebih dahsyat.saya mempunyai banyak saudara di komunitas BeDe tercinta.bahkan sampai suatu saat pernah saya sakit di singapore,ktika lg backpacking saya ditolong oleh teman BD yang kami hny sekali berjumpa. Namanya adalah Mbak NUR JASMINE dari BD JKT. Jam 2 malam beliau dtg ke hostel saya utk memindahkan saya ke hotelnya yg nyaman.subhanallah… Sungguh saya merinding klo memikirkan ini.

PERTANYAAN 3

1.Perlukah kita berbagi cerita, info dan pengalaman baik berupa postingan tulisan/foto maupun menjadi narasumber gathering BD setelah kita kembali dari backpackeran ke suatu negara?

2. Seandainya komunitas kita ini punya gelar “Member of The Year” bagi member BD yg baik hati & tidak sombong yg gemar berbagi info dan pengalamannya secara online/offline kepada teman-teman yg lain, kira-kira siapakah yang layak menerima gelar tersebut tahun ini??

Dan jawaban saya:

Dian Ika Riani Ikutan ahhhh:
1.Bagi saya sharing itu adalah hidup.menulis dg menceritakan byk hal termasuk perjalanan adalah sharing yang sangat saya sukai.tentu saja kita tidak perlu menjadi penulis handal.tapi menjadi bagian yang menginspirasi org lain utk melihat dunia adlh kebanggaan yg ga dpt dituker dg mata uang manapun.bahkan asisten rmh tangga saya,menabung ke saya utk bisa melihat negara lain.pastinya,krn saya sering menceritakan pengalaman saya.dapat bepergian itu hak semua umat manusia.bukan hny org berduit sajo.dan saya bangga bisa sharing utk menginspirasi mrk “berangkat”. Note:termasuk adegan bobo di erpot dan hidup dari pop mie
2.Member of the year: Bang boaz iping. Bener2 deh pengorbanan waktu,uang dan tenaga demi mengikuti gathering :)) *dua jempol*

PERTANYAAN KE-2

1. Sebutkan 4 (EMPAT) benda yang wajib kamu bawa saat backpackeran..
2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan tanah airmu ketika kamu sedang backpackeran ke negara lain?

Dan jawaban saya:

Dian Ika Riani Ikutan lagi ahhhhh…..:
1.Benda wajib saat backpacker, 1.Tanda pengenal diri (ID&pasport), 2.elektronik (colokan listrik,hp&camera), 3.Rangsum (MIE instan&Roti), 4.botol minuman kosong (utk menadah air minum Gratis he he he…)

2.Mengenalkan Indonesia dg diri saya sendiri.Yup.maksudnya,saya adalah identitas negara saya.saya selalu senyum dan ramah.selalu peka & inisiatif menolong (meski kdg org lain ga butuh bantuan saya  ,peka berarti saya mencoba memahami org lain dg tata krama&etiket), sehingga terkdg bangsa lain tertarik dg saya krn “keramahan” saya itu, bukan berarti saya gampangan ya.wkwkwkwk… Pokoke begitu deh maksud saya.misal saya selalu senyum.berjalan sambil smiling face (bukan berarti orgil ya) aduh bingung ngejelasinnya. Sampai terkadang,meski saya berjilbab.mrk tidak takut, dan sering mendatangi saya dan bertanya, saya dari mana.dan mengapa menggunakan penutup kepala dll :)) malah terkadang ikut menyebar kebaikan agama juga.
Selanjutnya mulai deh tanya2 ttg Indonesia.dan saya langsung promosikan… He he he… Saya tunjukin foto fesbuk saya yg sdg berada di daerah tertentu.dan terkadg byk yg memutuskan stlh mrk dari negara tempat saya berjumpa dg mrk,mrk Lsg mengunjungi indonesia.mereka lsg cuss beli tiket. Mereka menjadi KEPO bin penasaran.

Pertanyaan pertama, saya tidak mengikutinya :”( menyesal saya. sekian dan terimakasih. semoga bisa bener-bener menginspirasi.

1150842_568096059918450_1221607772_n

5 Responses to “Saya dan Komunitas Backpacker Dunia”

  1. chyta bella May 11, 2014 at 9:22 am #

    Klo mau join komunitas ini gmn ya? Aku sangat tertarik sekali🙂 ini salah satu impian ku

  2. MacGyver September 7, 2015 at 4:41 am #

    salam kenal ya

    • ekkairianto September 18, 2015 at 10:56 am #

      halo mas… salam🙂

      • MacGyver September 21, 2015 at 3:54 am #

        selamat menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: