Jalan ke Aceh yuk….

15 Feb
Medan Sunggal-20121103-01107

Martabak Aceh

Salah satu budget airlines baru saja merilis rute penerbangan barunya dengan tujuan domestik, yaitu ke Banda Aceh. Maka akan  semakin banyak saja wisatawan yang  berkunjung ke Aceh untuk menikmati kota serambi Mekah ini🙂 . 

Medan Sunggal-20121103-01108

Mie Aceh Kepiting

Teman saya baru saja mendapatkan info tentang promo harga yang sangat murah dari salah satu maskapai low cost carrier dengan tujuan aceh maka ia segera saja membeli tiket dengan tujuan banda aceh. Maka saya pun memberitahunya agar ia segera mencari-cari info tentang Aceh di @iloveaceh , facebook iloveaceh dan iloveaceh.org serta di http://iloveaceh.blog.com/

Sampai pada suatu waktu teman saya itu bertanya, apa saja yang kamu kenang tentang Aceh?. Mengapa dia bertanya demikian, karena dia tahu saya lahir dan besar di Aceh. Tetapi seiring perjalanan waktu, saya harus merantau ke pulau Jawa. sampai saat ini. Maka jawaban saya untuk pertanyaan teman saya itu adalah:

1. Kopi Aceh, saya sangat tergila-gila dengan kopi Aceh. Bahkan saya yang saat itu duduk di bangku SMP, malam-malam ketika saya akan begadang belajar untuk ujian maka request yang saya ajukan kepada Ayah saya adalah minta tolong di belikan kopi aceh di keude (warung). Terkadang malah saya tambahkan es batu. taadaaaa jadilah es kopi aceh

2. Mie Aceh, rasanya yang sangat berbumbu dan biasanya ditambahkan kepiting, udang dan daging menambah yummyyy. Sebagai pelengkap mie aceh, ditambahkan acar yang berisi bawang merah dan cabe rawit hijau plus wortel serta krupu bawang putih kecil-kecil dan emping.

3. Martabak Aceh, kalau biasanya yang teman-teman ketahui martabak itu dibuat dengan isi telur berada di dalam kulit martabak, nah untuk artabak aceh kebalikannya. Nah loh kebayang kan gimana rasanya? hmmm gigitan pertama langsung menyentuh telur. Jangan lupa memakannya dengan acar bawang merah, kadang juga disediakan dengan kuah kari yang sangat berbumbu.

4. Sayur Plik u’k, hmmm agak sulit saya menjelaskan makanan yang satu ini. plik’uk nya itu tidak bisa kita temukan dilain tempat karena benar-benar olahan bumbu tradisional Aceh. Rasanya sayuran dan berkuah santan, biasa untuk menambah rasa gurih dan lezat ditambahkan udang kecil-kecil.

5. Wisata Pantai (laut) dan sungai, aceh adalah daerah yang di kelilingi Laut disertai garis pantai dan banyak dilalui sungai yang mana beberapa diantaranya dijadikan tempat wisata.

6. Beli oleh-oleh yang berbau kerajinan dengan gambar pintu aceh dan rencong. Yup kalau udah sampai aceh, rencong sangat terkenal. Rencong yang seperti keris/ pisau. Miniatur rencong juga banyak tersedia, dipacking sangat menarik. Begitu juga pintu aceh, bentukan pintu aceh banyak ditersedia dalam bentuk gantungan kunci, hiasan, bros peniti maupun dalam bentuk emas asli seperti mata kalung.

7. Pisang sale. Ketika sampai di Jawa saya kaget “loh kok disini juga ada sale”. setelah dicoba rasanya emang beda. hmm teman-teman patut mencoba yang made in aceh yah. Sesuai namanya. Sale pisang, pisang yang seperti dibuat manis dan warnanya jadi hitam pokoke enak.

Leave a Reply

