Mari berjalan menelusuri bangunan bersejarah di Surabaya

2 Jan
418749_3690981768196_1030712099_n

setiap trackers mendapatkan tiket dan map

Mungkin bagi teman-teman yang pernah bertemu  dengan sebuah bis berwarna merah mencolok, tampak unik  karena bentuknya yang  seperti kotak, pasti teringat dengan bentuk kereta atau trem jaman dahulu yang sempat melintas di Surabaya.

Itu adalah  bis yang di Luncurkan oleh Sampoerna sebagai bentuk terimakasih kepada masyarakat indonesia melalui program dan kegiatan Sampoerna untuk Indonesia yang salah satunya adalah pelestarian seni dan budaya. Bis ini mulai diluncurkan pada juni 2009 sebagai bentuk dukungan terhadap perlindungan dan pelestarian bangunan cagar budaya yang masih ada di Surabaya.

Bis SHT ini merupakan satu sinergi dengan museum Sampoerna atau House of Sampoerna (HoS) yang merupakan bekas rumah dan komplek usaha rokok pemilik Sampoerna. Kompleks rumah ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang berdiri tahun 1862 dan salah satu cagar budaya yang masih terus dipertahankan keluarga Sampoerna yang akhirnya sekarang sebagian digunakan sebagai museum dan proses produksi linting rokok. Untuk segala informasi bisa langsung di klik link ini http://www.houseofsampoerna.museum/e_home.htm  dan untuk cerita mengenai museum sampoerna saya akan menceritakannya di tulisan yang lain.🙂

Foto-0015

Surabaya Heritage Track Map

Kembali lagi ke Surabaya Heritage track (menelusuri jejak warisan budaya),  Bis SHT (Surabaya Heritage Track) ini free alias tidak berbayar untuk dapat digunakan seluruh masyarakat. Rute yang dilalui ada beberapa rute, untuk regulernya ada rute pendek ( 1 – 1,5 jam) yang meliputi wilayah HoS – tugu pahlawan – PTPN XI – HoS, untuk rute panjang ( 1,5 – 2jam) yang dilalui Bis adalah HoS – tunjungan – Balai kota/ taman surya – Gd kesenian Jawa timur – PTPN XI – HoS. Ini belum meliputi spesial rute di waktu-waktu tertentu yang dilalui bis seperti kelenteng, gereja, pura dan beberapa tempat lain yang merupakan bangunan cagar budaya.

Oia, Di dalam bis ini sangat nyaman, selain dilengkapi ac dan tempat duduk yang nyaman juga ada guide yang siap menjelaskan setiap bangunan cagar budaya yang dilewati bis🙂 kita juga bisa bertanya kepada guide tersebut.

Nah, sebagai warga surabaya saya merasa bangga mengajak teman, saudara yang dari luar kota untuk mengunjungi museum sampoerna dan menikmati bis SHT ini🙂 sebaiknya untuk memperoleh kepastian mendapatkan tempat di bis ini, teman-teman bisa reservasi melalui telepon ke no 031- 353-9000 atau datang langsung ke Taman Sampoerna 6 Surabaya atau kalau angkutan umum yang digunakan tidak mengetahui lokasi alamat cukup memberitahu ancer-ancer tempat ini yang berlokasi dekat penjara kalisosok. Selain menikmati museum yang berisi koleksi sejarah keluarga dan perusahaan Sampoerna, disini juga ada art galery yang memajang karya seni yang berganti-ganti tiap bulan dan ada cafe juga. Seluruhnya dibuka untuk umum tiap hari mulai pukul 09.00 – 22.00.

So what are u waiting for… segera menambah wawasan dan kecintaan kita terhadap warisan bangunan bersejarah ini yukkk

Foto-0007

Bis SHT berwarna merah menyala (city sightseeing bus)
Picture taken 1 januari 2013

5 Responses to “Mari berjalan menelusuri bangunan bersejarah di Surabaya”

  1. 932009 January 10, 2013 at 9:35 am #

    so interest… penasaran ingin kesana ^^

  2. Rizaldy Fatha Pringgar January 20, 2013 at 2:52 am #

    Lets going…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengawali awal tahun 2013 dengan Tur cagar budaya surabaya « ekkairianto - January 4, 2013

    […] ← Mari berjalan menelusuri bangunan bersejarah di Surabaya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: