Lomba menulis yang pertama saya ikuti berjudul: Kopi singa is my travelmate

26 Dec

Image

kompetisi menulis dari kopi singa

KOPI SINGA IS MY TRAVELMATE

Kopi singa selalu menjadi travelmate saya, seperti soulmate perjalanan saya. Teman berbagi cerita saya melihat dunia.

Hai nama saya dian. Saya seorang backpacker. Apa itu backpacker? Seorang pejalan mandiri. Membuat rencana perjalanan sendiri ke berbagai belahan dunia. Secara mandiri memulai perjalanan dengan rencana, budget dan rute yang akan dilewati. Hobi saya ini berawal ketertarikan saya ketika menemukan tiket promo maskapai low budget carrier yang sangat murah. Bayangkan saja untuk perjalanan pulang pergi ke sebuah kota di Thailand saya hanya mengeluarkan biaya Rp 600.000,- pulang-pergi dengan membeli tiket promo mereka. Kemudian saya memulai merencanakan perjalanan ini. Memesan hostel (hotel dengan fasilitas yang minim) ,rute perjalanan, tiket transportasi darat di Negara tersebut secara online. Ya benar sekarang apapun bisa kita lakukan secara online melaui internet.

Saya sangat mengerti sekali tidak boleh membawa makanan dan minuman di maskapai tersebut dan parahnya juga tidak boleh membawa air di atas 100ml masuk tempat menunggu penerbangan. Tapi yang selalu saya lakukan adalah membawa kopi singa kemanapun saya travelling karena itu kopi singa saya sebut travelmate saya. Tak lupa juga gula dan gelas kecil beserta pengaduk kecil. Setelah saya masuk ke ruang tunggu saya sangat hafal disini disediakan dispenser air panas-dingin. Bagi saya penerbangan 3 jam itu sangat panjang. Untuk meningkatkan stamina pengusir jenuh versi saya adalah dengan menikmati secangkir kopi. Langsung saya keluarkan perkakas saya. Mulailah saya membuat kopi singa, dengan menggunakan air panas yang disediakan dispenser air, meski saya kurang menyukai air yang tidak mendidih di atas kompor. Tapi ternyata kopi singa kesayangan saya ini tetap bisa mengeluarkan aroma kuat kopi nya. Terbukti orang yang duduk di samping saya ketika di ruang tunggu langsung bertanya merk kopi apa yang saya gunakan, langsung saya jawab, Kopi singa is my coffee. Tak lama kemudian saya menikmati segelas kecil kopi singa sambil menebak-nebak pengalaman baru apa saja yang akan saya nikmati di negeri yang belum pernah saya injakkan ini nanti bersama travelmate saya, kopi singa. Hmm…sepertinya sudah saatnya untuk terbang, karena maskapai yang saya naiki sudah tampak dan suara petugas untuk mempersilahkan kami untuk masuk ke dalam pesawat sudah terdengar.

Setiap melakukan aktivitas backpacking, saya tidak pernah membawa koper. Saya membawa ransel besar 40 liter, karena menurut saya sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Dan yang pasti selalu tersedia di dlaam ransel adalah sebungkus kopi singa berwarna merah perpaduan robusta dan Arabika, gula sachet dan gelas kecil portable yang bisa di bawa kemana-mana.

Hari  ini adalah hari baru di Negera baru, memulai hari dengan menyapa banyak teman baru, karena penginapan yang saya tempati adalah guest house modal kamar dengan bunk bed sebanyak 4 buah. Saya langsung menuju dapur bersama di hostel ini membawa kopi singa, memanaskan air dan mulai membuat secangkir kopi mengawali pagi ini. Menuju sofa empuk di ruang santai bersama, yang bikin saya tersenyum, beberapa teman dari Negara lain yang berpapasan dengan saya ketika saya berjalan dari dapur ke ruang santai selalu bertanya, “aroma kopi nya kuat sekali kopi apa ini?” Saya selalu menjawab, “ini kopi asli Indonesia, my country, Kopi singa is my coffee”. Mereka pun penasaran dengan rasanya, saya yang sangat membanggakan kopi singa dan Indonesia, rela berbagi kopi singa dengan mereka. Mereka menyatakan, akan mengunjungi Indonesia setelah dari Negara ini dengan membawa kopi singa sebagai buah tangan untuk pulang. Wah..saya sangat bangga dengan kopi singa sebagai travelmate saya. Selalu menemani perjalanan saya. Next, Negara mana lagi yang akan saya lalui, pasti selalu ada kopi singa di ransel saya. Kopi singa is my travelmate.

 

Leave a Reply

