Pantai Air Anyir Berpasir Putih

30 Apr

Pantai saat surut

Berawal dari tugas yang harus membuat saya menginjak kembali tanah kelahiran papa saya di Pangkal Pinang, akhirnya saya mempunyai Kesempatan mengunjungi pantai air anyir yang berlokasi di daerah air anyir Kabupaten Bangka Induk yang terletak di pulau Bangka Belitung.

Pantai yang saya temukan secara tidak sengaja ini, berawal dari saya harus mensurvey lokasi pesisir tempat tinggal nelayan untuk mengadakan perpustakaan keliling, penyediaan peminjaman buku gratis kepada mereka. Tak sengaja pula, seorang masyarakat memberitahu saya bahwa disekitar wilayah mereka ada pantai yang dinamakan Pantai air anyir.

Tergelitik juga hati saya untuk bergerak menuju kesana, saya yang orang jawa merasa agak aneh dengan penamaan pantai tersebut, Anyir bermakna bau;bau darah;bau tidak enak.

Medan yang berat, jalanan masih beralas tanah bukan aspal, lumayan membuat mobil bergelombang ,hmmmm ternyata masih akses jalan yang jelek. Ini bisa menjadi alasan mengapa pantai ini masih belum terkenal di banding pantai-pantai lain di daerah sungai liat ,Bangka. Wah, pantai yang belum terkenal=pantai yang masih belum tersentuh alias perawan. Pasti masih sangat cantik dan bersih.

Akhirnya setelah melalui perjuangan jalan bergelombang, makin parah karena musim hujan, saya sampai juga….

Ahhhhhh….cantiknya, epi tidak ada orang, tidak ada yang berjualan, ada pondokan, tapi tidak ada yang menunggui. hmm.. tadi sebelom kesini sempat berbincang, ternyata ramainya ketika liburan saja, mayarakat bermain ke pantai ini.

Foto-0076

pantai yang masih jarang dikunjungi

Kalo kita mau mandi di pantai ini juga sangat menyenangkan, aman dari gelombang besar. Karena kita berjalan sampai ke tengah laut juga air nya masih dangkal, hanya selutut orang dewasa, menjelang malam hari baru air akan pasang.

Pantai ini sangat sepi pengunjung, paling hanya ketika hari minggu dan hari libur keagamaan  saja pantai ini ramai di kunjungi masyarakat sekitar pantai. Oia, jangan takut soal tempat bersantai karena penduduk sekitar membangun pondokan yang dapat disewakan seharga Rp 25.000. murah kan..

teman-teman yang berlibur ke Pulau Bangka-Belitung bisa mampir ke pantai air anyir🙂

Foto-0073

Rayuan Pulau Kelapa

Leave a Reply

